Selasa, 12 November 2013

Paragraf Deduktif



·      
PEREKONOMIAN INDONESIA SAAT INI STABIL
      Sampai dengan kuartal III tahun 2013, perekonomian Indonesia dianggap masih stabil. Dapat dikatakan stabil karena sudah ada tanda-tanda stabilisasi dari sektor keuangan , selain itu saat ini para ekonom masih terlihat tenang menyikapi keadaan perekonomian Indonesia.  Dan beberapa pihak mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia menduduki peringkat kedua tertinggi setelah China ditengah terjadinya berbagai perbaikan ekonomi dunia. Meskipun semikian,  kondisi ekonomi Indonesia masih dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global dan regional yang tidak menentu maka tentu saja pemerintah harus tetap mewaspadai resiko-resiko yang mungkin terjadi.
      Di lain sisi , muncul masalah-masalah dalam perekonomian Indonesia seperti inflasi yang diperkirakan akan melonjak menjadi 9,2% pada tahun 2013 ini dari yang telah ditargetkan oleh pemerintah sebesar 7,2% . Pertumbuhan ekonomi untuk tahun 2013 yang dilansir hanya akan mencapai angka 5,9% turun dari target 6,3%. Ekspor juga berjalan melambat padahal diharapkan bahwa ekspor Indonesia dapat terus meningkat agar turut memberikan sumbangan yang besar bagi Produk Domestik Bruto dan menstabilkan perekonomian. Selain itu , akhir-akhir ini gencar terjadinya demo yang dilakukan oleh buruh untuk menaikkan UMR dan apabila keinginan para buruh diwujudkan tentu saja akan berimbas pada kenaikkan harga secara umum.
      Menanggapi masalah-masalah yang cukup menyita perhatian masyarakat ini , pemerintah diharapkan untuk dapat menyikapinya dengan bijak agar keadaan stabil ini dapat dipertahankan sampai akhir tahun ini bahkan akan menuju kearah yang lebih baik pada tahun 2014 dengan tidak bertambahnya beban keuangan negara dan perbaikan terhadap neraca transaksi berjalan.

www.gunadarma.ac.id
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar